Pages

Sunday, September 30, 2018

Sering Mimpi Buruk Saat Tidur Bisa Jadi Pertanda Demensia

Sering Mimpi Buruk Saat Tidur Bisa Jadi Pertanda Demensia.- Berhati-hatilah jika terus menerus atau sering mengalami mimpi buruk yang bahkan membuat Anda menjerit, menendang, atau meronta. 

Ini bisa menjadi pertanda dari demensia atau penyakit yang menyerang neurologis lainnya.

Sering mimpi buruk bisa terjadi karena REM sleep behaviour disorder (RBD). Kondisi ini menyebabkan pasien bertindak secara fisik di luar mimpi. Ilmuwan menemukan bahwa lebih dari 80 persen penderita RBD mengembangkan penyakit neurologis seperti Parkinson atau demensia.

"Untuk beberapa alasan, sel-sel di area tidur REM adalah yang pertama jatuh sakit," kata ahli saraf di University of Toronto di Kanada John Peever pada Live Science dilansir dari Reader's Digest pada Senin (26/11/2018).

"Kemudian penyakit neurodegeneratif menyebar ke otak dan mempengaruhi area lain, yang menyebabkan gangguan seperti penyakit Parkinson."

Pengembangan obat-obatan

Dua penelitian di 2013 juga menemukan bahwa 80 persen pasien RBD mengembangkan gangguan neurodegeneratif dalam satu dekade. Namun, studi ini hanya mampu menunjukkan korelasinya.

Sementara, penelitian di 2017 yang dipresentasikan di Canadian Neuroscience Meeting membuktikan sebab-akibat.

Sekalipun menakutkan, RBD membantu dokter mengidentifikasi siapa yang paling berisiko terkena gangguan neurodegeneratif. Peever mengatakan, langkah berikutnya adalah mengembangkan obat-obatan berbasis terapi, yang bisa mengobati pasien terdiagnosis TBD.

"Terapi semacam itu kemungkinan tidak akan menyembuhkan pasien RBD, karena sel-sel otak yang menyebabkan gangguan sudah rusak," ujarnya. Walaupun begitu, hal ini dianggap mampu mencegah penyakit tersebut menyebat ke seluruh otak.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment